Suzuki Ertiga Sport AT

Di tahun 2019, mobil Suzuki Ertiga Sport AT menggantikan seri GX ESP yang sudah menghilang di pasaran tanah air. Mobil yang meluncur di bulan Maret ini menjadi varian yang sporty jika dibandingkan tipe lainnya. Desainnya yang racing ini cukup menarik hati pecinta MPV karena dengan harga yang terjangkau, anda sudah bisa memiliki kendaraan yang sangat futuristik.

Spesifikasi Suzuki Ertiga Sport AT

Sama dengan Suzuki Ertiga GL MT, mobil ini menggunakan mesin berkode K15B dan kapasitasnya 1500 cc. Begitu juga dengan tenaga mesin yang dihamburkan yakni 103 HP dengan torsi maksimum sebesar 138 Nm. Tipe yang menggunakana transmisi otomatis terdiri dari 4 level kecepatan. Suspensi depannya adalah macpherson strut dan di belakang adalah torsion beam.

Panjang mobil ini adalah 4470 mm, dengan lebar 1735 mm, tinggi 1690 mm, dan ground clearancernya 180 mm. Sayangnya, di kelas MPV mobil ini bukanlah pengonsumsi bahan bakar yang irit. Untuk perjalanan dalam kota, mobil ini menghabiskan sekitar 1 liter untuk jarak sejauh 12 km. Sementara untuk di jalan tol, mobil bisa menempuh jarak 15 km/ liter.

Interior Suzuki Ertiga Sport AT

Pintu mobil terbuat dari bahan plastik berwarna hitam. Ada bagian yang diberi aksen kayu dan arm-restnya dibalut bahan kain yang lembut. Handle pintu berwarna krom dan khusus peengemudi ada tombol central lock, window lock, dan power window. Sisi bawah ada sebuah speaker, cup holder dan area penyimpanan.

Baca Juga: Suzuki SX4 S Cross At Review

Stir dibalut dengan bahan kulit berwarna hitam dan sebagian sisinya diberi sentuhan aksen kayu. Bagian bawahnya dibuat flat, sedangkan sisi kirinya terdapat audio steering switch. Di belakang stir ada tuas untuk lampu kabut dan head lamp. Speedometer mobil berbentuk sama dengan tachometernya. MID-nya berukuran kecil dengan tampilan pixel.

Head unit mobil tidak lagi berbentuk floating yang mengesankan after market. Warnanya hitam glossy dengan beerbagai fitur seperti radio AM/FM, USB, AUX, konektor bluetooth dan teelepon. AC mobil terdiri dari dua kisi yang diatur dengan pengaturan digital. Bahkan di mobil ini sudah dilengkapi dengan heater.

Mobil ini berkapasitas 7 orang penumpang. Jenis joknya menggunakan bahan kain berwarna hitam yang lembut. Pengaturan kursi terdiri dari ketinggian dan sliding, namun tinggi kursi hanya bisa untuk kursi pengemudi saja. Kelengkapan untuk keselamatan penumpang ada head rest yang adjustable, sabuk pengaman, airbag, pelindung benturan samping dan child safety lock.

Exterior Suzuki Ertiga Sport AT

Varian yang satu ini memiliki banyak perbedaan dengan Suzuki Ertiga pada umumnya. Mulai dari bagian grille mobil, desainnya lebih minimalis karena aksen krom hanya ada di bagian bingkainya saja. Grille berbentuk mash dengan warna hitam glossy dan di bagian tengahnya terdapat logo Suzuki. Tambahan bagian bawahnya adalah body kit dengan panel silver.

Desain lampu utama sedikit mengecil dengan ujung depan yang lancip. Lampu jauh menggunakan halogen proyektor sementara lampu dekatnya menggunakan multireflektor. Sama dengan lampu seinnya yang juga menggunakan halogen. Di bagian bawah, lampu kabut berbentuk bulat beerjenis halogen, namun dilengkapi dengan DRL yang menggunakan LED. Cover foglamp juga disertai aksen krom.

Velg mobil menggunakan warna two-tone yaitu silver dan hitam dengan bentuk kipas. Sementara bannya menggunakan Dunlop EC100 dengan ukuran 185/65 R15. Spion menggunakan sewarna bodi dengan sein di cover spion. Handle pintu berwarna krom deengan tombol smart entry. Sementara di bagian pintu bawah mobil, terdapat side skirt dengan emblem Suzuki Sport.

Belakang mobil menggunakan lampu stop yang memajang kee atas dan jenisnya adalah LED. Berbeda dengan lampu mundur dan lamu seinnya yang masih menggunakan halogen. Sisi atas ada spoiler dengan desain lekukan sporty dan jendela yang menggunakan defogger. Di balik garnish Ertigga beraksen krom, ada sebuah kamera mundur yang tidak ada di tipe lainnya.

Harga Suzuki Ertiga Sport AT

Dibandingkan dengan harga varian Ertiga lainnya, Suzuki Ertiga Sport AT dibanderol dengan harga termahal yakni di kisaran Rp 251 juta. Hal ini disebabkan perbedaan desain yang mencolok di bagian eksterior dan juga kelengkapan di interiornya. Varian warna yang dijual di Indonesia hanya ada 7 di antaranya putih, hitam, merah, burgundi, coklat, abu-abu dan silver.

Apakah anda ingin liburan di kota Yogyakarta yang permai? Dengan memilih paket wisata Jogja, anda akan mendapatkan banyak sekali ide-ide liburan yang luar biasa di Yogyakarta. Anda bisa memilih paket wisata yang sesuai dengan budget yang anda miliki.

Join the Conversation

1 Comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *